Minggu, 11 November 2012

INTERNET DAN SEJARAH INTERNET


A.      Pengertian internet


Internet adalah kependekan dari international networking, merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi , sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan (bahkan miliaran) informasi atau data yang dapat berupa text, grapihic , audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja, dari segi komunikasi, internet adalah saran yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan penukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran.

B.      Apa itu internet?


Internet adalah kupulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling berhubungan menggunakan jaringan telekomunikasi yang ada di seluruh dunia. Seluruh manusia secara aktif berpatisipasi sehingga internet menjadi sumber daya informasi yang sangat berharga.
Jaringan komputer adalah cara untuk menghubungkan beberapa komputer yang ada di dalamnya sehingga dapat saling berhubungan dan berbagi sumber daya seperti printer dan perangkat peyimpan data.
Ada tiga bentuk jaringan komputer yaitu LAN dan WAN. LAN adalah kependekan dari LOCAL AREA NETWORK,sedangkan WAN kependekan WIDE AREA NETWORK, yang digunakan hanya untuk keperluan suatu organisasi/ institusi/ perusahaan. Biasanya disebut intranet, karena sangat spesifik baik HADWARE dan SOFTWARE yang digunakan berdasarkan kesepakatan antar anggota. Yang terakhir adalah internet gabungan network-network dengan platform/ tatacara (protokol) yang universal, sehingga jika suatu jaringan komputer/ organisasi/ perusahaan/ institusi akan bergabung kedalam internet perlu di pilah jaringan dari mana saja yang bisa dikunjungi/ diberikan/ dipertukarkan kepada komunitas pengguna internet.

C.       Sejarah internet


Permulaannya internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan AMERIKA di awal tahun 60-an, dimana mereka merekomendasikan bagaimana dengan hadware software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Tahun 1970, ARPA net melalui sejumlah riset yang dilakukan di Stanford university berhasil menciptakan sebuah protokol  yang disebut TCP/IP (transmission control protocol/ internet protocol) yang pada akhirnya merupakan protocol standar untuk tukar menukar file antara pengguna internet.
Tahun 1971 telah mengembangkan jaringan komunikasi nya yang terdiri dari 15 titik jaringan (nodes) dan 23 host sebagai sever induk dan ditahun inilah Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program aplikasi  e-mail ini di dalam bertukar pesan membuat e-mail sangat cepat popular.
Tahun 1972, proyek ARPAnet berkembang pesat diseluruh daerah dan hampir semua universitas di Amerika Serikat ingin memanfaatkan fasilitas teknologi internet ini sehingga ARPAnet kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPAnet dipecah menjadi dua yaitu ARPAnet untuk keperluan non militer dan MILNET yang dikhuskan untuk keperluan komunikasi militer Amerika Serikat, gabungan dari kedua jaringan ini pada akhirnya dikenal dengan DAPRA Internet dan agar lebih sederhana maka disebutlah Internet.
                Tahun 1973,jaringan computer  Arpanet mulai mulai di kembangkan ke luar Amerika Serikat dengan membentuk WAN (wide area network) yang menghubungkan amerika ke jaringan computer  norwegia dan inggris .komputer university college di London merupakan computer pertama yang ada di luar amerika yang menjadi anggota jaringan ARPAnet.
Tahun 1976, lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPAnrt membentuk sebuah jaringan atau networking.
Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovi n, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.
Tahun 1981 France Telecom berhasil menciptakan telepon  tevisi pertama yang memungkinkan orang bisa berkomunikasi sambil berhubungan lewat video link.
Tahun 1982, TCP/IP (Transmissin Control Protocol/ internet protocol) diresmikan sebagai protocol standar karena penggunaan jaringan computer semakin hari semakin banyak dibutuhkan sebuah protocol yang sama agar dapat berkomunikasi dalam jaringan meskipun menggunakan  aplikasi dan sistem  opreasi yang berbebeda  .pada tahun inilah di eropa muncul jaringan computer EuNET yang menyediakan jasa jaringan computer di Negara belanda ,inggris,Denmark,dan swedia menyediakan layanan email dan newsgroup
Tahun 1984 diperkenalkan system nama domain untuk mempermudah penyeragaman alamat di jaringankomputer yang ada ,system ini biasa di kenal dengan nama DNS atau domain name system .pada tahun ini lebih dari 1000 host telah tergabung dengan ARPAnet .
Tahun 1987 jumlah computer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988,Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekilgus memperkenalkan IRC internetrelay chat. Setahun kemudian,jumlah computer yang saling berhubungan kembali menjolak 10 kali lipat dalam dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.
Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Hingga akhitnya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan komersil sebagai saran bisnis mereka , saat ini pengguna internet di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang pengguna.

D.      Mengapa ada internet


Kebutuhan manusia akan informasi dan saling bertukar informasi untuk keperluan pribadi atau kelompok guna mencapai tujuan dan kemajuan masing-masing.
Dunia saat ini sudah semakin terkoneksi. Ini berarti bahwa kita dapat menggunakan sebuah telepon, mobile/ seluler untuk menghubungi seorang teman dibelahan dunia yang lain. Kita bisa  menoton secara langsung pemecahan rekor olimpiade dan rekor dunia yang terjadi di belahan dunia lain melalui televise. Kita dapat menanam saham di seluruh bursa dunia karena pasar saham di Tokyo, London, dan Newyork  sudah terhubung secara elektronik untuk memungkinkan peluang bisnis yang lebih luas, 24 jam per hari. Satu hal yang paling menarik dari terkoneksian ini adalah internet, dan salah satu keindahan internet adalah perkembangan dunia elektronik terbaru di bidang komunikasi dan pertukaran ide serta komunikasi. Akan seprti apa satu atau lima tahun  mendatang adalah tergantung dari yang di inginkan oleh para penggunanya.
SUMBER: Daryanto, Memahami Kerja Internet, Yrama Widya, Jakarta,2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar